Waspada Virus Corona

coronavirus-virions

Dunia saat ini sedang digemparkan oleh virus yang bernama Virus Corona (Novel coronavirus (2019-nCoV) atau Wuhan pneumonia atau Wuhan coronavirus) yang berasal dari negara Tiongkok. Virus ini bukan virus komputer tapi virus yang menyerang mahluk hidup seperti hewan dan manusia dan cukup mematikan. Diambil dari wikipedia sampai saat ini tidak ada vaksin atau obat antivirus yang disetujui untuk pencegahan atau pengobatan.

dilansir dari web cnn indonesia jumlah kematian akibat virus menjadi 56 orang.

pingsan-virus-corona

https://www.cnnindonesia.com/internasional/20200126091431-113-468748/jumlah-kematian-akibat-virus-corona-meningkat-jadi-56-korban

Untuk menghindari virus tersebut, ada beberapa tips yang bisa dilakukan yaitu menggunakan masker dengan cara yang benar dan tidak sembarangan membuangnya, kemudian jauhi kontak dengan pasien yang terindikasi terkena penyakit, menjaga kebersihan tangan, tutup mulut atau hidung ketika bersin atau batuk.

penggunaan-masker

Hal yang menyeramkan dari virus corona adalah masa inkubasi virus dapat bertahan selama dua minggu (14 hari) dalam tubuh manusia tanpa menunjukan tanda-tanda orang itu sakit di kutip dari alamat https://www.tagar.id/menkes-china-virus-corona-lebih-berbahaya-dari-sars.

tagar-id

Dengan demikian dapat di bayangkan apabila ada pasien dari luar negri masuk ke indonesia pada 7 hari pertama mungkin gejala-gejala virus corona seperti demam suhu tubuh diatas normal belum muncul sehingga tidak akan terdeteksi pada tubuh yang terjangkit, sehingga bisa lolos melewati pengawasan bandara.

bandara

Setelah 14 hari baru kemudian baru gejala-gejala tersebut muncul, dan yang di kawatirkan kemungkinan sudah menular.

pingsan-virus-corona

Sebenarnya seperti apakah bahayanya virus corona dalam tubuh manusia. dikutip dari https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-51232803.

Bedanya dengan virus lain, ujar Diah, virus corona ini memiliki virulensi atau kemampuan yang tinggi untuk menyebabkan penyakit yang fatal.

Menurut Diah, virus ini berbahaya jika telah masuk dan merusak fungsi paru-paru, atau dikenal dengan sebutan Pneumonia, yaitu infeksi atau peradangan akut di jaringan paru yang disebabkan oleh virus dan berbagai mikroorganisme lain, seperti bakteri, parasit, jamur, dan lainnya.

“Pertukaran oksigen tidak bisa terjadi sehingga orang mengalami kegagalan pernafasan. Itulah mengapa virus ini berat karena bukan lagi hanya menyebabkan flu atau influensa tapi dia menyebabkan Pneumonia,” kata Diah saat dihubungi BBC Indonesia.

Peta penyebaran virus di lansir bbc

china_virus_spread_25jan_pacific

Negara yang diduga terkena kasus virus korona selain tiongkok adalah singapura, vietnam, japan, thailand, nepal, us, france.

Jaga selalu kesehatan dan semoga kita selalu dilindungai Allow SWT. Amin sekian dan terimakasih. wassalam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s