Ujian sama dengan seleksi untuk kebaikan

Ujian-Climb

Tak sedikit orang yang enggan menghadapi ujian, karena dianggap menakutkan dan tidak mengenakan untuk di jalani, sehingga tidak ada persiapan yang mapan dan disiapkan malah di jauhkan. Padahal ujian merupakan sesuatu yang akan selalu ada tidak bisa dipisahkan untuk memperoleh kebaikan.

Sebelum diterima jadi pegawai, seorang pencari kerja melewati serangkaian ujian. Ujian tersebut di adakan oleh perusahaan untuk menseleksi pelamar layak atau tidak bekerja di perusahaan dan diberikan upah yang sudah ditentukan. Apabila di lolos uji si pelamar akan bekerja dan mendapatkan bayarannya, sehingga kebutuhan kehidupannya bisa terpenuhi.

“Boleh jadi, kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. Allah yang paling mengetahui, sedangkan kamu tidak mengetahui.” (QS. Al-Baqarah:216)

Perjalanan hidup manusia mungkin tak beda dengan seorang pelamar kerja. Cuman yang dicari adalah keridhoan Tuhan yaitu keselamatan di dunia dan di akhirat berupa surga yang di janjikan, dan terhindar dari siksa api neraka. Dalam mendapatkan tujuan, manusia akan menerima ujian kehidupan. Bagi yang bisa lolos melalui ujian tersebut akan di catat kebaikannya, sedangkan bila gagal ada konsekuensi tersendiri.

Masalahnya adalah adakah persiapan dalam menghadapi ujian tersebut. bila belum harus di persiapkan dengan ilmu dan amal yang baik dari sekarang, sehingga bila ada ujian tersebut kita bisa menjawab dengan benar dan mendapatkan poin yang baik dari Tuhan. Intinya adalah pelajari dan amalkan ilmu ketentuan yang diberikah Tuhan dengan demikian insyaAllah kita bisa berhasil. Mohon maaf atas kekurangan, semoga bermanfaat, wassalam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s