3 Alasan Yang Membuat Programmer Menjadi Pekerjaan Yang Berbahaya

  1. Mayoritas Programmer adalah Introvert dan Geek
    Banyaknya platform dan cepatnya teknologi berkembang, menyebabkan seorang pekerja IT menghabiskan banyak waktu untuk mempelajari dan membuat aplikasi. Hal ini juga adalah penyebab mengapa seorang programmer, sangat rentan terkena loneliness syndrome, yaitu terbiasa menyendiri dan menghindari kontak sosial.
  2. Programmer Harus Wajib Bisa Public Speaking dan Bahasa Inggris
    Seorang programmer yang sudah menguasai teknis, akan sangat cepat melonjak karirnya apabila didukung dengan kemampuan komunikasi yang mumpuni, apalagi jika bisa lancar berbahasa inggris. Hal ini dikarenakan iklim investasi di Indonesia, sebagian besar masih dikuasai oleh orang asing yang biasanya memegang peranan penting di sebuah perusahaan.

    Menjadi seorang IT di perusahaan lokal dan perusahaan multinasional, tentulah sangat jauh perbedaan fasilitas dan salary. Padahal, yang dikerjakan tidak terlalu berbeda tingkat kesulitannya.Lagi lagi hal ini berkaitan erat dengan kemampuan berbahasa inggris anda.

    Ditambah mulai banyak bermunculan startup di Indonesia, yang mendapat investasi dari investor asing. Tentulah hal ini akan sangat berpengaruh jika anda ingin melakukan pitching dan mendapatkan dana investasi.

  3. Programmer Juga Bisa Menjadi Founder atau CTO (Chief Technology Officer)
    Dalam kacamata saya, seharusnya seorang programmer sudah memiliki dasar ilmu teknis dan logika yang menjadi dasar untuk membangun sebuah model bisnis dalam perusahaan. Ia sudah bisa menggambarkan keseharian operasional perusahaan, dan mengerti seluk beluk teknis dan non teknis.

    Tentulah hal ini sangatlah menguntungkan, dimana tidak semua orang di perusahaan tersebut bisa mempelajari alur bisnis secara riil. Inilah latar belakang mengapa banyak sekali perusahaan digital yang memiliki Founder dengan background programmer seperti Microsoft dengan Bill Gates, Facebook dengan Mark Zuckerberg, dan masih banyak lagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s